Sabtu, Juni 22, 2024

Ini Daftar 6 Perusahaan BUMN yang Tidak Lapor LHKPN KPK RI, Erick Thohir: Apakah Ada yang Disembunyikan?

Erick Thohir mengekspresikan rasa kekecewaannya terhadap perilaku anak buahnya yang tidak mematuhi kewajiban melaporkan LHKPN.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Erick Thohir, Menteri BUMN (foto-IST)
Erick Thohir, Menteri BUMN (foto-IST)

JAKARTA- Daftar 6 Perusahaan BUMN yang Tidak Lapor LHKPN KPK RI, Erick Thohir: Apakah Ada yang Disembunyikan?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah menegaskan bahwa akan ada tindakan tegas terhadap 155 kepala perusahaan BUMN yang tidak patuh dalam melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

Hal ini merespons pernyataan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai daftar 6 BUMN yang dinilai tidak patuh dalam pelaporan LHKPN.

Erick Thohir mengekspresikan rasa kekecewaannya terhadap perilaku anak buahnya yang tidak mematuhi kewajiban melaporkan LHKPN. 

Ia menyatakan bahwa meskipun KPK telah menyampaikan bahwa 99,5 persen dari pejabat BUMN telah melaporkan, namun ada beberapa BUMN, sekitar 6 perusahaan, yang masih belum memenuhi kewajibannya, dan ia akan mengambil tindakan terhadap mereka.

“Saya sangat menyesali karena walaupun dari KPK sudah bicara bahwa 99,5 persen sudah melapor, tapi ada beberapa BUMN, sekitar 6 perusahaan jika tidak salah (yang tak maksimal), ya akan saya tindaklanjuti,” ungkap Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta, pada Rabu, 26 Juli 2023.

Erick telah menyampaikan masalah ini ke Sekretaris Kementerian BUMN dan Deputi Kementerian BUMN.

 Ia menegaskan bahwa sanksi akan diberikan terkait kasus ini.

“Saya sudah berbicara dengan Sesmen dan deputi agar mengambil tindakan tegas karena ini merupakan hal yang saya anggap wajib dilakukan. Bagaimana mungkin saya sebagai Menteri melaporkan, tapi anak buah saya tidak melapor? Apakah ada yang disembunyikan?” tegasnya.

Dalam penanganan lebih lanjut, Kementerian BUMN juga akan bekerja sama dengan KPK.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...