Sabtu, Juni 22, 2024

Ini 9 Inovasi Disbunnak Kalbar, dari Si Pakan sampai Sidikh TBS

DINDANEWS, PONTIANAK – Guna memudahkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menelurkan 9 inovasi.

Dengan 9 inovasi tersebut, Disbunnak menjadi Top Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kalbar yang meluncurkan inovasi terbanyak.

“Peluncuran 9 inovasi yang dilakukan Pak Gubernur Kalbar ini tentunya menjadi amat spesial,” kata Kepala Disbunnak Provinsi Kalbar Muhammad Munsif, kemarin.

Munsif menjelaskan, 9 inovasi yang diluncurkan instansi yang dipimpinnya ini menjadi kunci dalam memberikan kemudahan layanan, transparansi dan menyesuaikan kebutuhan berbagai pihak.

“Inovasi sangat dibutuhkan untuk melakukan perubahan dan layanan lebih baik. Untuk itulah tantangan atau persoalan yang ada dijawab dengan solusi dari suatu inovasi,” jelas Munsif.

Berikit 9 Inovasi Disbunnak Provinsi Kalbar tersebut:

1. Si Pakan

Sistem Informasi Peternakan Kalimantan Barat (Si Pakan) ini diperuntukkan bagi pemerintah, masyarakat umum dan pelaku usaha atau industri untuk mendigitalisasi informasi peternakan.

2. Simpan SPJKu

Sistem Informasi Penyimpanan SPJ Keuangan (Simpan SPJKU) ini merupakan inovasi yang akuntabel dan terintegrasi penyajian SPJ dalam bentuk digital.

Petugas input data maupun PPTK dapat mengisi SPJ yang sudah di-scan dalam bentuk file pdf untuk diunggah di Simpan SPJKU.

3. Sikatvro

Sertifikat Veteriner Online (Sikatvro) merupakan inovasi dalam penerbitan sertifikat veteriner secara online, mengingat saat pandemi Covid-19 interaksi dan mobilitas masyarakat harus dibatasi.

Sertifikat veteriner merupakan bukti tertulis yang sah telah terpenuhinya persyaratan kesehatan hewan yang dikeluarkan oleh pejabat otoritas veteriner dalam melalui lintasan hewan maupun produk hewan baik secara domestik maupun internasional.

4. Lips NKV

Layanan Permohonan Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (LiPS NKV) merupakan inovasi dalam pengajuan permohonan sertifikasi NKV yang diharapkan dapat mempersingkat waktu pelayanan berupa verifikasi kelengkapan administratif.

5. Mane Lawan

Aplikasi Manajemen Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan (Mane Lawan merupakan inovasi yang responsif, akuntabel dan terintegrasi dalam penyajian data dan publikasi yang informatif.

Aplikasi berbasis android ini mampu menyimpan data secara digital, menyajikan data dan sebagai sarana edukasi, sosialisasi ke petugas di daerah dan pelaku usaha oleh petugas cek poin.

6. Bekawan

Belajar Kesehatan Hewan Lewat Jaringan (Bekawan) merupakan inovasi dalam peningkatan kapasitas SDM Kesehatan Hewan di Provinsi Kalbar terdiri atas dokter hewan dan paramedis veteriner.

Upaya peningkatan SDM dilakukan dalam suatu sistem pembelajaran yang dapat dilakukan secara online dalam bentuk e-learning.

7. Sidianih

Sistem Data Informasi Akses Benih (SiDIANih) merupakan sarana bagi para penyedia perbenihan untuk dapat mengaskes data dan informasi benih perkebunan di Kalbar.

Sistem ini merupakan inovasi aplikasi dengan digitalisasi layanan, proses dan sistem database yang dapat digunakan oleh para perbenihan perkebunan.

8. Seed Edu Park

Taman Edukasi Benih (Seed Edu Park) diperuntukkan kepada semua kalangan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang benih komoditi perkebunan yang unggul.

Selain itu bersertifikat dan berlabel yang dilaksanakan dengan memberikan informasi dan pengetahuan.

Berikut peraturan yang melingkupinya serta dilengkapi dengan fisik kebun yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung.

9. Sidikh TBS

Sistem Informasi Data Indeks K dan Harga TBS (Sidikh TBS) memberikan kemudahan layanan di antaranya mempermudah persiapan rapat TBS.

Kemudian kelengkapan berkas bagi semua anggota rapat yang hadir dalam memantau kelengkapan berkas TBS, serta mencegah terjadinya keterlambatan pengiriman berkas untuk rapat dan lainnya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *