Selasa, Juni 25, 2024

Ini 5 Daerah yang Mayoritas Warganya Berumur Panjang Di Kalbar

angka ini juga memiliki dampak signifikan pada aspek-aspek kehidupan lainnya seperti tingkat kemiskinan, pendidikan, dan pertumbuhan ekonomi.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi orang dengan usia panjang (foto-istock)
ilustrasi orang dengan usia panjang (foto-istock)

PONTIANAK- Ini 5 Daerah yang Mayoritas Warganya Berumur Panjang Di Kalbar

Kalimantan Barat, provinsi yang terdiri dari 14 kabupaten dan kota, memiliki variasi angka harapan hidup yang menarik di antara wilayah-wilayahnya. 

Angka harapan hidup adalah ukuran penting dalam mengevaluasi kualitas hidup masyarakat suatu daerah, yang mencerminkan rata-rata usia yang diharapkan seseorang untuk hidup di sana. 

Selain itu, angka ini juga memiliki dampak signifikan pada aspek-aspek kehidupan lainnya seperti tingkat kemiskinan, pendidikan, dan pertumbuhan ekonomi.

Beberapa studi telah dilakukan untuk menguji pengaruh angka harapan hidup terhadap berbagai aspek kehidupan, dan hasilnya menunjukkan bahwa angka harapan hidup memiliki pengaruh yang signifikan terhadap masyarakat. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi angka harapan hidup, di antaranya:

  • Faktor Lingkungan: Polusi udara, air, dan tanah merupakan faktor lingkungan yang dapat memengaruhi kesehatan masyarakat dan berdampak pada angka harapan hidup.
  • Faktor Perilaku: Perilaku individu seperti merokok, minum alkohol, dan kurangnya aktivitas fisik dapat memengaruhi kesehatan dan angka harapan hidup.
  • Faktor Kesehatan: Akses terhadap pelayanan kesehatan, ketersediaan obat-obatan, dan sanitasi yang buruk juga dapat memengaruhi kesehatan masyarakat dan angka harapan hidup.
  • Faktor Ekonomi: Kemiskinan, tingkat pendidikan, dan pertumbuhan ekonomi merupakan faktor-faktor ekonomi yang memengaruhi kesehatan masyarakat dan angka harapan hidup.

Dilansir dari Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat (kalbar.bps.go.id), rata-rata angka harapan hidup di Kalimantan Barat adalah sekitar 71,02 tahun. 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...