Rabu, Juni 19, 2024

Hortifest 2022, Sawo Jumbo Jadi Sorotan

DINDANEWS, PONTIANAK – Mamey Sapote, buah sejenis sawo asal Amerika Selatan menjadi sorotan dalam Festival Hortikultura atau Hortifest 2022 di halaman Statiun TVRI Kalbar.

“Buahnya mirip sawo, meski tidak semanis sawo, tapi enak dan alot,” kata Wali Kota Edi Rusdi Kamtono ketika mencicipi Mamey Sapote usai membuka Hortifest 2022, Rabu 2 Maret 2022.

Mamey Sapote merupakan salah satu tanaman hasil budidaya hortikultura yang ditampilkan dalam Hortifest 2022 ini

Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi Hortifest 2022 ini karena sangat bermanfaat bagi keberlangsungan lingkungan hidup.

Apalagi buah-buahan hasil hortikultura memiliki kandungan vitamin yang unggul. Mudah-mudahan meninspirasi warga untuk menanamnya di pekarangan masing-masing.

“Kita harus mulai gerakan menanam ini dari setiap rumah,” kata Edi Rusdi Kamtono.

Bukan sekedar mengajak, menanam pohon memang sudah menjadi semacam hobi bagi seorang Edi Rusdi Kamtono.

“Terus terang, menanam pohon sudah jadi passion saya. Setiap minggu, saya usahakan untuk menanam pohon,” ungkap Edi.

Ia berharap, Hortifest 2022 ini menjadi motivasi warga Kota Pontianak untuk rajin menanam, terutama buah-buahan. “Saya harap bisa rutin kegiatannya,” ucap Edi.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak gencar menggalakkan kampung hortikultura guna memenuhi target Kementerian Pertanian 2.358 kampung hortikultura.

Di Kota Pontianak sudah ada beberapa Kampung Hortikultura seperti di Gang Nilam, Gang Margodadirejo, Kelurahan Parit Tokaya dan di Kecamatan Pontianak Utara.

“Kita akan kembangkan terus kampung hortikultura ini supaya setiap pekarangan warga lebih produktif dengan tanaman buah-buahan,” pungkas Edi.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *