Rabu, Juni 19, 2024

Harmoni dan Kemandirian: H. Sukiryanto Tekankan Pentingnya Nilai-nilai 4 Pilar dalam Pengembangan UMKM

Pontianak, pada hari Rabu (8/5) kemarin Suasana hangat dan penuh semangat menyelimuti Rafco Chill Out Cafe. Ikatan Saudagar Muslim (ISMI) yang merupakan Kelompok pelaku usaha UMKM dari berbagai sektor di Kalimantan Barat, berkumpul untuk mendengarkan wawasan inspiratif dari Anggota MPR/DPD RI sekaligus seorang pengusaha sukses dan juga Ketua ISMI Kalimantan Barat, H. Sukiryanto, yang menyoroti pentingnya nilai-nilai 4 Pilar dalam pengembangan UMKM.

Dalam acara yang dipenuhi dengan antusiasme tersebut, H. Sukiryanto membuka narasinya dengan penuh semangat, memaparkan visi tentang bagaimana harmoni dan kemandirian dapat menjadi pondasi kuat bagi UMKM dalam membangun identitas bangsa.

“Harmoni dan kemandirian bukanlah sekadar kata-kata, tetapi nilai-nilai yang harus kita tanamkan dalam setiap langkah kita dalam mengembangkan bisnis kita,” ujar H. Sukiryanto.

Dihadapan para pelaku usaha yang penuh semangat, H. Sukiryanto membahas betapa pentingnya memperkuat fondasi kebangsaan melalui nilai-nilai Pancasila. “Pancasila bukanlah sekadar simbol, tetapi pondasi utama dari keberhasilan bangsa ini. Dalam konteks UMKM, nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, keadilan sosial, dan persatuan sangat relevan dalam memperkuat bisnis kita.”

“Acara ini sungguh memberikan pencerahan bagi kami sebagai pelaku usaha UMKM,” kata Nisa, pemilik usaha kerajinan lokal. “Kami merasa semakin termotivasi untuk tidak hanya fokus pada aspek bisnis semata, tetapi juga untuk berkontribusi dalam membangun identitas bangsa yang kokoh.”

Acara berlangsung dalam suasana yang penuh kehangatan dan kolaboratif. Para peserta saling bertukar pikiran dan pengalaman, serta menyatukan tekad untuk menjadikan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi yang tangguh dan berdampak positif bagi masyarakat dan bangsa.

Dengan semangat yang menggebu, pertemuan ini mengakhiri sesi dengan harapan baru dan komitmen yang lebih kuat untuk mewujudkan visi bersama: membangun harmoni dan kemandirian melalui penerapan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan dalam pengembangan UMKM.

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...