Selasa, Februari 27, 2024

Harga Minyak Goreng Mahal, Pemerintah Diminta Segera Buat Kebijakan Terukur dan Terarah

DINDANEWS, PONTIANAK – Ketua Komite IV DPD RI Sukiryanto meminta pemerintah segera mencari problem dasar dari tingginya harga minya goring, lalu membuat kebijakan yang terukur dan terarah.

“Yang paling penting adalah mencari problem dasarnya, sesegera mungkin dicari jalan keluarnya, dan harus segera direspons dengan kebijakan yang terukur dan terarah,” kata Sukiryanto saat dihubungi, Senin (10/1/2022).

Sukiryanto menanti bagaimana respons Pemprov Kalbar dalam menekan harga minyak goring.

“Kita nantikan bagaimana respons Pemprov Kalbar dan tentu kita berharap agar situasi ini dapat segera diatasi karena inilah juga yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat terutama ibu-ibu dalam silaturahmi saya di daerah,” ungkap Sukiryanto.

Sukiryanto menjelaskan, pemerintah daerah punya peranan penting dan strategis dalam memperkuat perekonomian, bukan saja dalam ketahanan pangan tapi mendorong inflasi turun. Untuk itu pemerintah daerah harus cepat bertindak jika terjadi ketidak stabilitas harga di pasar.

“Pemerintah daerah berperan dalam mengendalikan inflasi yang berasal dari harga barang pangan sangat besar karena daerah berkontribusi 77 persen,” ucap Sukiryanto.

Sebelumnya, Sukiryanto mengatakan, harusnya pemerintah bisa memastikan ketersediaan minya goreng untuk konsumsi rumah tangga.

Menurut dia, salah satu caranya adalah dengan mengkoordinir pelaku industri untuk menjaga pasokan serta kestabilan harga.

“Pemerintah seharusnya dapat memastikan ketersediaan minyak goreng bagi konsumsi rumah tangga dan harus dapat mengkoordinir pelaku industri untuk menjaga keamanan pasokan dan juga kestabilan harga,” kata Sukiryanto saat dihubungi, Senin (10/1/2022).

Selanjutnya, lanjut Sukiryanto, pemerintah harus memiliki grand desaign pengolahaan dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat.

“Tidak kalah penting TPID Kalbar harus tetap menjalankan program-program pengamanan stok dan juga menjaga kestabilan harga,” ucap Sukiryanto.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *