Rabu, Juni 19, 2024

H. Sukiryanto : 4 Pilar Kebangsaan Adalah Kunci Sukses UMKM Menuju Indonesia Emas 2045”

Dalam acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar di Sintang pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), H. Sukiryanto, anggota MPR RI/DPD RI, menegaskan bahwa 4 Pilar Kebangsaan merupakan kunci sukses bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Acara yang dihadiri oleh Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Kabupaten Sintang, yang merupakan kelompok pelaku usaha UMKM, berlangsung meriah dan penuh antusiasme.

Dalam pidatonya, H. Sukiryanto menjelaskan bahwa Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bukan hanya fondasi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi juga prinsip yang harus diinternalisasi dalam dunia usaha, khususnya bagi UMKM. “Pancasila memberikan kita pedoman etika bisnis yang berlandaskan kejujuran dan keadilan, sementara UUD 1945 memastikan kita memiliki kerangka hukum yang melindungi dan mendukung UMKM,” ujarnya.

H. Sukiryanto juga menekankan pentingnya semangat Bhinneka Tunggal Ika dalam menginspirasi diversifikasi produk UMKM. Menurutnya, dengan memanfaatkan kekayaan budaya Indonesia yang beragam, UMKM dapat menciptakan produk-produk unik yang memiliki daya saing di pasar global. “Keberagaman adalah kekuatan kita. UMKM harus bisa mengolah nilai-nilai lokal menjadi produk yang mendunia,” tambahnya.

Selain itu, nilai persatuan dan kesatuan dalam NKRI diharapkan mampu mendorong kerjasama antar UMKM dari berbagai daerah. Hal ini, kata H. Sukiryanto, akan memperkuat jaringan bisnis dan memperluas pasar UMKM. “Dengan semangat NKRI, kita bisa menciptakan sinergi yang lebih kuat antar pelaku usaha, sehingga UMKM dapat berkembang lebih pesat dan merata di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Acara yang dihadiri oleh anggota ISMI ini juga diisi dengan sesi tanya jawab yang interaktif. Para peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan terkait penerapan 4 Pilar Kebangsaan dalam bisnis mereka. Beberapa pelaku UMKM juga berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam mengembangkan usaha.

Salah satu peserta, Ahmad Faisal, seorang pengusaha kerajinan tangan, menyatakan bahwa sosialisasi ini membuka wawasan baru baginya. “Saya jadi lebih memahami bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dalam bisnis saya. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk kami,” kata Faisal.

Di akhir acara, H. Sukiryanto mengajak semua pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan tidak takut menghadapi tantangan. “Dengan memegang teguh 4 Pilar Kebangsaan, kita semua bisa berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Mari kita bersama-sama membangun negeri ini melalui UMKM yang kuat dan berdaya saing,” pungkasnya.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi perkembangan UMKM di Indonesia, serta memperkuat peran UMKM dalam mencapai cita-cita besar Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera di tahun 2045.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...