Sabtu, Juni 22, 2024

Golkar Dan PAN Resmi Dukung Prabowo Subianto, Romahurmuziy: Peresmian Bubarnya KIB 

Rommy telah mengindikasikan sebelumnya bahwa KIB berpotensi bubar, karena PPP telah memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Romahurmuziy, Ketua Majelis Pertimbangan Partai PPP (foto-IST)
Romahurmuziy, Ketua Majelis Pertimbangan Partai PPP (foto-IST)

PONTIANAK- Golkar Dan PAN Resmi Dukung Prabowo Subianto, Romahurmuziy: Peresmian Bubarnya KIB 

Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mengumumkan dukungan mereka kepada bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, pada Minggu 13 Agustus 2023 di Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok), Jakarta.

Sebagaimana diketahui Golkar, PAN, dan PPP merupakan Partai yang teragbung dalam koalisi indonesia bersatu (KIB). Kemesraan koalisi ini mulai berjarak jejak PPP mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

Sedangkan Golkar dan PAN mengusung Prabowo Subianto dari partai Gerindra yang memiliki koalisi bersama PKB dengan nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk maju sebagai Capres pada pemilu 2024.

Menanggapi hal tersebut, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengungkapkan bahwa hari ini juga menandai akhir dari eksistensi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang sebelumnya terdiri dari tiga partai.

“Dengan adanya dukungan resmi PAN dan Partai Golkar ke Pak Prabowo hari ini, otomatis hari ini pula lah ‘peresmian’ bubarnya KIB alias goodbye KIB,” ungkap Romahurmuziy, Ketua Majelis Pertimbangan Partai PPP, dilansir dari DetikCom, Minggu 13 Agustus 2023.

Rommy telah mengindikasikan sebelumnya bahwa KIB berpotensi bubar, karena PPP telah memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. 

Anggota KIB, yaitu Golkar dan PAN, kini secara resmi memberikan dukungan yang berbeda dengan pilihan yang diambil oleh PPP.

Sinyal bubarnya KIB juga pernah disampaikan pada Mei 2023 lalu oleh Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengungkapkan bahwa meskipun PPP telah memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024, komunikasi di antara anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih berlangsung intens. 

Jika Partai Golkar dan PAN, yang juga merupakan anggota KIB, memiliki pilihan yang berbeda dengan PPP, maka KIB dapat dianggap telah ‘terkubur’.

“Jika suatu saat Golkar dan PAN bersama-sama dengan PPP mendukung Mas Ganjar, maka KIB akan tetap solid. Namun, jika nantinya Golkar dan PAN memiliki pilihan yang berbeda dengan PPP, itu berarti KIB hanya akan menjadi pusara saja,” jelas Viva Yoga di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, pada Senin 29 Mei 2023. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...