Sabtu, Juni 22, 2024

DPR dan Pemerintah Perpanjang Jabatan Kepala Desa Jadi 9 Tahun, Berapa Besaran Gaji Kepala Desa?

revisi UU Desa mencakup perubahan periodisasi jabatan kepala desa, peningkatan dana desa, dan pengaturan status perangkat desa

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Suasana persidangan di ruang rapat badan legislasi DPR RI terkait pembahasan RUU Desa, Senin 3 Juli 2023 (foto tangkapan layar youtube DPR)
Suasana persidangan di ruang rapat badan legislasi DPR RI terkait pembahasan RUU Desa, Senin 3 Juli 2023 (foto tangkapan layar youtube DPR)

PONTIANAK- DPR dan Pemerintah Perpanjang Jabatan Kepala Desa Jadi 9 Tahun, Berapa Besaran Gaji Kepala Desa?

Kepala Desa (Kades) kini memiliki masa jabatan yang lebih panjang setelah tuntutan mereka didengar oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah.

Kepala Desa sekarang dapat menjabat selama 9 tahun dalam satu periode, dibandingkan dengan sebelumnya yang hanya 6 tahun.

Perubahan ini diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa yang akan segera disahkan menjadi undang-undang. 

Selain memperpanjang masa jabatan, RUU ini juga mengatur tentang peningkatan dana desa dan status perangkat desa.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Achmad Baidowi, menjelaskan bahwa revisi UU Desa mencakup perubahan periodisasi jabatan kepala desa, peningkatan dana desa, dan pengaturan status perangkat desa. 

“Masa jabatan kepala desa yang semula 6 tahun dalam tiga periode, kini menjadi 9 tahun dalam dua periode”,ungkap Baidowi dikutip dari tayangan Youtube DPR, Rabu 5 Juli 2023.

Baidowi menjelaskan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 sebelumnya memperbolehkan masa jabatan kepala desa selama 6 tahun dalam tiga periode.

Namun, dengan undang-undang baru ini, masa jabatan kepala desa menjadi 9 tahun dalam dua periode.

Perubahan periodisasi ini bertujuan untuk memberikan waktu kepada kepala desa terpilih untuk melakukan konsolidasi setelah pemilihan kepala desa. 

Karena pemilihan ini berlangsung di tingkat lokal dan merupakan tingkat paling bawah, dampak sosialnya cukup tinggi.

Baidowi menjelaskan, RUU Desa yang diajukan oleh DPR juga mengusulkan peningkatan dana desa dari 8% menjadi 20% dari Dana Transfer ke Daerah.

Peningkatan anggaran dana desa ini bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan. 

Berapa Besaran Gaji Kepala Desa?

Menurut Peraturan Pemerintah Pusat Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang mengatur besaran gaji kepala desa.

Besaran gajo kepala desa minimal sebesar Rp 2,4 juta atau 120% dari gaji pokok PNS Golongan II/A. 

Penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa yang diperoleh dari Alokasi Dana Desa.

Sementara itu, sekretaris desa minimal menerima gaji sebesar Rp 2,2 juta atau 110% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan II/A. 

Sedangkan besaran gaji perangkat desa lainnya minimal sebesar Rp 2 juta atau 100% dari gaji pokok golongan II/A.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...