Jumat, Februari 23, 2024

DPD RI Gelar Fit and Proper Test Calon Anggota BPK, Sukiryanto: Tugas Konstitusional

DINDANEWS, JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) dijadwalkan akan me-
lakukan serangkaian fit and proper test calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI masa bakti 2022-2027.

Uji kelayakan dan kepatutan akan dilaksanakan di Komplek DPD RI, Senayan, Jakarta, pada 14-15 Februari 2022.

“Fit and proper test ini merupakan bagian dari tugas konstitusional DPD RI. Hal ini termaktub dalam dalam Pasal 23F ayat (1) UUD 1945,” kata Ketua Komite IV DPD RI, Sukiryanto, dalam rapat pleno persiapan uji kelayakan tersebut, kemarin.

Dalam Pasal 23 F Ayat 1 disebutkan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah dan diresmikan oleh Presiden.

Selain dalam dalam UUD 1945, pelibatan DPD RI dalam seleksi calon nggota BPK RI juga termaktub dalam Pasal 191 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3 yang berbunyi DPR memilih anggota BPK dengan memperhatikan pertimbangan DPD.

Peran DPD juga disebutkan dalam UU No 15/2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan. Pada Pasal 14 ayat (1) disebut-mkan Anggota BPK dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD.

Pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan sendiri akan dilaksanakan terhadap 15 calon Anggota BPK RI masa bakti 2022-2027 selama dua hari yakni Senin (14/2) dan Selasa (15/2).

“Ada 15 calon yang akan diuji DPD dari total 16 calon. Satu calon mengundurkan diri secara resmi dari proses uji kelayakan,” imbuh Sukiryanto.

Pada hari pertama, DPD RI akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Anggota BPK RI yakni Yves S Palambang, Priyono Dwi Nugroho, Dori Santosa, Firmansyah, Didi Apriadi, Dadang Suwanda, Isma Yatun, dan Haerul Saleh.

Kemudian pada hari kedua dijadwalkan DPD RI akan melakukan fit and proper test terhadap Adrin Guntura, Syafri Adnan Baharuddin, Moza Pandawa Sakti, Kukuh Prionggo, Kristiawanto, Rachmat Manggala Purba, dan Osbal Saragi Rumahorbo.

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *