Jumat, Februari 23, 2024

Dorong Inisiatif Pengurus Masjid di Kota Pontianak Mendirikan TPA, Edi Rusdi Kamtono: untuk Mencetak Generasi Qur’ani

DINDANEWS, PONTIANAK – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berharap Masjid tidak hanya sebagai tempat mendirikan Salat lima waktu, tetapi juga sebagai sarana pendidikan Al-Qur’an.

Olehkarenanya, para Pengurus Masjid di Kota Pontianak didorong untuk berinisiatif mendirikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

“Saya berharap Masjid-Masjid yang ada bisa berinisiatif dan berinovasi. Sehingga keberadaan Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai sarana dalam memberikan pendidikan Al-Qur’an atau TPA,” kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

Ia menyampaikan hal tersebut usai menghadiri Wisuda dan Khataman Angkatan XXII Unit 014 TPA Masjid Al-Amin Kecamatan Pontianak Barat, kemarin.

Edi mengapresiasi peran serta lembaga atau TPA seperti di Masjid Al-Amin yang telah membantu Pemkot Pontianak dalam mencetak generasi Qur’ani.

Ia berharap, wisudawan TPA Masjid Al Amin bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berakhlak.

“TPA akan kita galakkan terus sebagai upaya menciptakan generasi Qur’ani sehingga memberikan semangat bagi keluarga dan anak-anak,” jelas Edi

Di tempat yang sama, Pembina TPA Masjid Al Amin, Widodo mengatakan, TPA dan Masjid Al-Amin berdiri bersamaan. “Wisuda ini pertama kalinya digelar selama pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Di TPA Al-Amin, kata Widodo, para murid diberikan pendidikan tahfiz Al-Qur’an 30 Juz dan Iqra’ sebagaimana yang biasa digelar TPA-TPA lainnya.

Tenaga pendidik di TPA Al-Amin merupakan anak muda sekitar yang memang memiliki kompetensi di bidangnya.

“Untuk peserta didik sekitar 200 lebih yang merupakan warga sekitar lokasi Masjid Al Amin,” ungkap Widodo.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *