Sabtu, Juni 15, 2024

Daftarkan Faskes ke Aplikasi New SIGA, Muslimat: untuk Sinkronisasi Database Keluarga dan Kependudukan

DINDANEWS, SINTANG – Organisasi Perangkat Daerah bidang Keluarga Berencana (OPD-KB) dan Bidan di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) diharapkan mendaftarkan Fasilitas Kesehatan (Faskes) ke aplikasi New SIGA.

“Kita ingin membangun sistem data yang lebih baik, dengan sinkronisasi database keluarga Indonesia dengan sistem informasi kependudukan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalbar Muslimat, kemarin.

New SIGA (dulunya SIGA saja) merupakan aplikasi Sistem Informasi Keluarga, yang menjadi data operasional para petugas KB dan pihak terkait dalam melakukan intervensi terhadap program BKKBN, khusus program Bangga Kencana.

Muslimat menjelaskan, sinkronisasi melalui aplikasi New SIGA ini menjadi salah satu fokus BKKBN selain mengintegrasikan data statistik rutin program Bangga Kencana, guna menjamin dan menjaga kerahasiaan individu.

Dengan aplikasi New SIGA ini, Bidan bisa menyampaikan laporannya secara online, misalnya laporan stok alat kontrasepsi, apa yang telah dilakukan, alat kotrasepsi jenia apa yang digunakan dan lainnya.

“Laporan itu masuk ke server BKKBN Pusat. BKKBN Provinsi hanya bisa memantau, tidak bisa untuk mengubah laporan tersebut,” jelas Muslimat.

Kerjasama Bidan sangat diharapkan untuk menyampaikan laporan secara online setiap bulan, terutama mengenai stok alat kontraseksi di kabupaten kota dan kecamatan. “Sehingga BKKBN bisa memantau Alkon mana yang sudah atau belum perlu di drop,” kata Muslimat.

Terkait dengan operasional pelaporan untuk tahun 2022, ungkap Muslimat, APBN tidak lagi menyediakannya. “Sudah dialokasikan ke Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) yang di kelola OPD-KB Kabupaten dan Kota,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *