Jumat, Februari 23, 2024

Daftar Provinsi Dengan Luas Wilayah Terkecil Di Indonesia, Ternyata Ada Ibu Kota Negara 

Beberapa di antaranya memiliki luas lahan yang tergolong minim jika dibandingkan dengan provinsi lain di negeri ini

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Peta indonesia (foto-pixabay)
Peta indonesia (foto-pixabay)

PONTIANAK- Daftar Provinsi Dengan Luas Wilayah Terkecil Di Indonesia, Ternyata Ada Ibu Kota Negara 

Indonesia, negara kepulauan yang melimpah dengan keindahan alam dan keragaman budayanya, tidak hanya menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan, tetapi juga menyimpan kisah menarik tentang perbedaan ukuran wilayah di antara provinsinya. 

Dalam panorama geografisnya yang memukau, terdapat sejumlah provinsi dengan lahan yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di negeri ini. 

Beberapa di antaranya memiliki luas lahan yang tergolong minim jika dibandingkan dengan provinsi lain di negeri ini.

Mari kita jelajahi deretan provinsi-provinsi dengan luas wilayah minimal yang memengaruhi kehidupan dan perkembangan daerah secara unik.

1. DKI Jakarta

Provinsi ini yang juga berfungsi sebagai ibu kota negara, merupakan provinsi terkecil di Indonesia. Dengan luas wilayah hanya sekitar 664,01 km2, Jakarta hanya menyumbang 0,03 persen dari total wilayah Indonesia.

2. Daerah Istimewa Yogyakarta 

Tak jauh dari Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menduduki peringkat kedua sebagai provinsi terkecil. Meskipun lebih luas daripada Jakarta, DIY masih memiliki wilayah yang relatif kecil, yakni sekitar 3.133,15 km2. Provinsi ini terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan memiliki peran penting dalam melestarikan budaya dan warisan sejarah.

3. Bali

destinasi wisata terkenal dengan keindahan alam dan budaya uniknya, merupakan provinsi terkecil ketiga. Dengan luas wilayah sekitar 5.780,06 km2, Bali berhasil menarik perhatian wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

4. Kepulauan Riau

Kepri sebuah provinsi yang terdiri dari banyak gugus pulau, menjadi provinsi keempat dengan luas wilayah terkecil. Dengan sekitar 8.201,72 km2, sektor bahari menjadi salah satu sumber mata pencaharian utama bagi penduduk setempat.

5. Banten

Daerah ini merupakan pemekaran dari Jawa Barat, menduduki peringkat kelima dalam daftar provinsi dengan luas lahan terkecil. Dengan wilayah seluas 9.662,92 km2, Banten memiliki peran penting dalam sektor industri dan ekonomi di wilayah tersebut.

6. Gorontalo

provinsi yang relatif baru, memiliki luas wilayah sekitar 11.257,07 km2. Berdiri sebagai hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo memiliki pemerintahan otonom yang berfokus pada pembangunan daerah.

7. Sulawesi Utara 

Provinsi dengan luas wilayah 13.892,47 km2, memiliki posisi sebagai provinsi terkecil ketujuh di Indonesia. Dikenal dengan gugus kepulauan terluarnya, provinsi ini memiliki batas dekat dengan negara tetangga, Filipina.

8. Bangka Belitung

Hal yang terkenal dengan kuliner martabaknya, memiliki luas wilayah sekitar 16.424,06 km2. Terdiri dari beberapa pulau kecil di sekitarnya, provinsi ini juga menjadi lokasi syuting film terkenal, Laskar Pelangi.

9. Sulawesi Barat

provinsi termuda hasil pemekaran dari Sulawesi Selatan, memiliki luas wilayah sekitar 16.787,18 km2. Provinsi ini memiliki potensi dalam pengembangan sumber daya alam dan pariwisata.

10. Nusa Tenggara Barat 

provinsi terakhir dalam daftar, memiliki luas wilayah sekitar 18.572,32 km2. Terdiri dari dua pulau utama, yakni Lombok dan Sumbawa, provinsi ini memiliki potensi wisata alam yang memikat.

Dengan keragaman luas wilayah provinsi-provinsi tersebut, Indonesia terus mempertahankan kekayaan alam dan budayanya yang beragam, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dan masyarakat lokal. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...