Selasa, Juni 25, 2024

Daftar Penyakit yang Tidak Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan 2023

Dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, terdapat sejumlah penyakit yang tidak masuk dalam BPJS Kesehatan

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi BPJS Kesehatan (kolase dnews)
ilustrasi BPJS Kesehatan (kolase dnews)

PONTIANAK- Daftar Penyakit yang Tidak Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan 2023.

Dalam sistem pelayanan kesehatan nasional yang dikenal sebagai BPJS Kesehatan, layanan medis yang disediakan dapat diibaratkan seperti layanan asuransi kesehatan. 

Rentang layanan ini meliputi perawatan rawat jalan hingga tindakan operasi. Namun, penting untuk diingat bahwa seperti halnya asuransi swasta, layanan ini memiliki batasan dan persyaratan tertentu yang perlu diperhatikan.

Menurut Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 28 Tahun 2014, terdapat beberapa jenis operasi yang tidak mendapatkan jaminan dari BPJS Kesehatan. 

Berikut adalah daftar operasi yang tidak termasuk dalam cakupan jaminan:

  • Operasi Akibat Dampak Kecelakaan
  • Operasi Kosmetika atau Estetika (operasi yang tidak membahayakan kesehatan)
  • Operasi Akibat Melukai Diri Sendiri (operasi akibat tindakan ketidaktelitian atau kecerobohan yang mengakibatkan luka).
  • Operasi di Rumah Sakit Luar Negeri (operasi di luar jangkauan BPJS Kesehatan).
  • Operasi yang Tidak Sesuai dengan Prosedur BPJS Kesehatan (operasi yang tidak sesuai dengan prosedur pengajuan yang berlaku).

Untuk memanfaatkan layanan operasi melalui BPJS Kesehatan, peserta harus mengikuti beberapa prosedur yang telah ditetapkan. 

Setelah pasien berobat di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang telah disetujui oleh BPJS Kesehatan, dan jika diperlukan tindakan operasi, pasien akan diberi surat rujukan ke rumah sakit. 

Selanjutnya, dokter di rumah sakit akan mengevaluasi pasien dan mengatur jadwal operasi, kecuali jika pasien dalam kondisi gawat darurat yang memerlukan penanganan segera.

Untuk memenuhi syarat penerimaan layanan operasi melalui BPJS Kesehatan, ada tiga persyaratan yang perlu dipenuhi, yaitu:

  • Kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).
  • Surat rujukan dari Puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama.
  • Kartu pasien yang diperoleh setelah pendaftaran di rumah sakit.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...