Selasa, Mei 21, 2024

Daftar Nama Caleg Eks Terpidana Termasuk Napi Korupsi Pada Pemilu 2024

“Mereka mantan terpidana dengan ancaman lima tahun atau lebih sebagaimana Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 87/PUU-XX/2022,”ungkap Idham

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
kolase gedung KPU dan Logo partai politik peserta pemilu 2024 (kolase dnews)
kolase gedung KPU dan Logo partai politik peserta pemilu 2024 (kolase dnews)

JAKARTA- Daftar Nama Caleg Eks Terpidana Termasuk Napi Korupsi Pada Pemilu 2024

pada pemilu tahun 2024 mendatang tercatat ada sebanyak 67 mantan narapidana telah mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan DPD RI. 

“Mereka mantan terpidana dengan ancaman lima tahun atau lebih sebagaimana Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 87/PUU-XX/2022,” ungkap Anggota KPU Idham Holik pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Pengumuman ini resmi dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia, yang telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Umum mendatang.

Tujuan dari pengumuman ini adalah untuk memberikan informasi lebih mendalam kepada masyarakat mengenai latar belakang dan rekam jejak para calon yang akan bersaing dalam Pemilu demi mewakili kepentingan rakyat. 

Salah satu hal menarik dari Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu 2024 ini adalah keikutsertaan mantan narapidana yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Para Caleg tersebut adalah mereka yang telah masa jeda 5 tahun setelah di nyatakan bebas murni.

Mereka terdiri dari calon anggota legislatif DPR dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu 2024.

Jumlah ini mencapai 67 mantan narapidana yang sebelumnya pernah terlibat dalam berbagai kasus, termasuk kasus korupsi.

Data mengenai status mantan terpidana ini terpantau melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon), di mana ada opsi untuk bakal caleg yang memiliki status mantan narapidana untuk mengisi dokumen persyaratan. 

Dokumen persyaratan tersebut meliputi surat pernyataan bakal calon dan surat keterangan dari pengadilan negeri serta putusan pengadilan bagi mantan narapidana yang terancam hukuman 5 tahun atau lebih.

Dari 67 mantan narapidana yang mencalonkan diri, 52 di antaranya mencoba meraih kursi di DPR RI, sementara 15 lainnya berlaga di DPD. 

Mereka tersebar di hampir semua partai politik peserta Pemilu 2024, kecuali Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...