Rabu, Juni 19, 2024

Cegah Kanker di Kalbar Lewat Deteksi Dini

DINDANEWS, PONTIANAK – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso menggelar kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia tahun 2022. Kegiatan ini pun terbuka untuk seluruh masyarakat umum, khususnya bagi wanita bagi yang sedang berada di usia subur.

“Kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular yang angka kematiannya masih cukup tinggi di Indonesia,” ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani, saat membuka secara resmi kegiatan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim di Aula II RSUD dr Soedarso, Rabu(16/2/2021).

Lismaryani menuturkan sesuai dengan data SIM RSUD dr Soedarso pada tahun 2021, sebanyak 1.966 kunjungan pasien kanker untuk rawat jalan, 1.151 kunjungan untuk rawat inap, serta rujukan berobat ke Jakarta sebanyak 159 kasus. Ia menilai strategi pencegahan dan deteksi dini ini dapat menjadi satu diantara upaya menyelematkan orang dari serangan kanker.

“Penanggulangan kanker akan berhasil jika dilaksanakan secara terintegrasi dan menyeluruh dengan dukungan lintas sektor, profesi, institusi, LSM, masyarakat, dan pihak swasta,” kata Lismaryani.

Lismaryani pun berharap melalui kegiatan semacam ini dapat mewujudkan komitmen bersama untuk mencegah dan menanggulangi masalah Kesehatan di Kalbar. Khususnya kanker payudara dan kanker leher Rahim. Selain itu, juga dibutuhkan komitmen dari seluruh pihak untuk turut serta dalam pengendalian kanker.

“Mari, kita galakkan dan mengajak seluruh wanita Kalimantan Barat untuk memeriksakan diri secara berkala ke fasilitas layanan kesehatan guna mencegah kanker,” imbaunya. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *