Jumat, Juni 14, 2024

Cara Minum Kopi Dengan Aman Untuk Penderita Asam Lambung

Orang dengan asam lambung sering merasa khawatir minum kopi. Ini karena kafein dan sifat asam dalam kopi dapat memicu gejala asam lambung

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Kopi (foto-pixabay)
Kopi (foto-pixabay)

PONTIANAK- Cara Minum Kopi Dengan Aman Untuk Penderita Asam Lambung.

Kopi, yang dikenal mengandung kafein, menjadi favorit banyak orang. Tetapi bagaimana dengan mereka yang menderita asam lambung? 

Mereka juga dapat menikmati secangkir kopi dengan beberapa langkah aman yang perlu diikuti.

Orang-orang dengan asam lambung sering merasa khawatir ketika datang ke minum kopi. Ini karena kafein dan sifat asam dalam kopi dapat memicu gejala asam lambung yang tidak diinginkan.

Menurut informasi yang dilansir dari Harvard Health Publishing, mencegah flare-up asam lambung bisa dicapai dengan menjaga pola makan yang sehat dan gaya hidup yang tepat.

Ini bisa mencakup mengganti obat tertentu yang mungkin tidak cocok untuk mereka yang memiliki masalah lambung. Selain itu, menghindari makanan dan minuman yang terlalu asam, pedas, atau berlemak juga bisa membantu.

Bagi penderita penyakit asam lambung seperti maag atau GERD, minum kopi tidak perlu menjadi mimpi buruk selama mereka tahu cara yang benar.

Dikutip dari Verywell Health, berikut adalah beberapa tips untuk minum kopi dengan aman jika Anda memiliki masalah lambung:

  • Coba Teknik Cold Brew

Jika ditawari pilihan teknik seduhan, pilihlah cold brew. Teknik ini melibatkan perendaman bubuk kopi selama delapan jam. Cold brew dikatakan memiliki kadar kafein dan asam yang lebih rendah dibandingkan dengan teknik penyeduhan lainnya.

  • Pilih Kopi Dark Roast

Cara biji kopi dipanggang juga mempengaruhi kadar kafein dalam kopi. Saat memilih biji kopi di kedai, pilih yang telah dipanggang dengan tingkat kegelapan yang lebih tinggi. Kadar kafein dalam biji kopi dark roast cenderung lebih rendah dan mengandung lebih sedikit senyawa yang dapat memicu peningkatan asam lambung.

  • Pilih Biji Kopi dengan Kadar Asam Rendah

Beberapa jenis kopi memiliki kadar asam lebih rendah daripada yang lain, terutama jenis Arabika yang tumbuh di dataran tinggi. 

Selain jenis kopi, kadar asam dan kafein dalam kopi juga tergantung pada proses fermentasi, tingkat pemanggangan, dan teknik penyeduhan.

  • Campurkan Susu

Tambahkan susu ke dalam kopi Anda untuk mengurangi kadar kafein. Tetapi pastikan Anda memilih susu rendah lemak untuk menjaga kalori tetap terkendali. 

Perlu diingat, beberapa orang dengan asam lambung mungkin harus menghindari susu karena dapat memicu gejala asam lambung. Jika Anda memiliki intoleransi laktosa, Anda bisa mencoba susu kedelai atau almond sebagai alternatif.

  • Perhatikan Proses Fermentasi Ganda

Proses fermentasi bisa mempengaruhi cita rasa kopi yang diseduh. Penderita asam lambung sebaiknya memilih kopi yang mengalami fermentasi ganda. Beberapa petani atau pengolah kopi melakukan fermentasi ganda untuk mengurangi rasa asam yang kuat ketika kopi diseduh.

Meskipun penderita asam lambung dapat menikmati secangkir kopi sesekali, tetap penting untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...