Selasa, Februari 27, 2024

Cara Gunakan Aplikasi ePPsi Tes Psikologi Online Sebagai Syarat Perpanjang SIM

Kombes Jati dari Korps Lalu Lintas Polri menjelaskan bahwa dalam aplikasi Sinar juga terdapat layanan pemeriksaan kesehatan dan psikologi

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
beranda Aplikasi ePPsi Untuk Tes Psikologi Online (foto-ePPsi.com)
beranda Aplikasi ePPsi Untuk Tes Psikologi Online (foto-ePPsi.com)

PONTIANAK- Cara Gunakan Aplikasi ePPsi Tes Psikologi Online Sebagai Syarat Perpanjang SIM

Proses perpanjangan SIM sekarang tidak lagi memerlukan kunjungan ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas). 

Pemohon hanya perlu melakukan registrasi dan mengikuti petunjuk yang ada dalam aplikasi di ponsel mereka.

Kombes Jati dari Korps Lalu Lintas Polri menjelaskan bahwa dalam aplikasi Sinar juga terdapat layanan pemeriksaan kesehatan dan psikologi.

Menurut Kombes Jati, Aplikasi ini baru yang berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori SIM secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi.

Tak lupa, ada juga layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

“Jadi khusus perpanjangan SIM A dan SIM C secara online, tidak perlu lagi hadir ke Satpas,” lanjut Jati.

Dilansir dari situs resmi ePPsi, aplikasi ini merupakan platform resmi tunggal untuk tes psikologi SIM yang telah diakreditasi oleh Biro Psikologi SSDM POLRI dan terintegrasi dengan aplikasi SINAR Digital Korlantas POLRI. 

Aplikasi ini hanya dapat diakses menggunakan perangkat Android atau iOS/iPad. 

Hasil tes psikologi dari ePPsi memiliki masa berlaku selama 6 bulan dan dapat digunakan untuk semua jenis SIM.

Untuk melakukan proses perpanjangan SIM secara online melalui aplikasi ePPsi, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  • Unduh aplikasi ePPsi melalui perangkat Android atau iOS/iPad di playstore atau appstore.
  • Lakukan registrasi dengan memasukkan Nama Lengkap, E-mail, Password, NIK, dan Nomor HP yang aktif. Setelah itu, klik ‘Daftarkan’.
  • Lakukan verifikasi wajah dengan mengambil gambar selfi wajah yang jelas dan tidak terhalang oleh masker, topi, atau kacamata hitam. Pastikan wajah berada di tengah bidang gambar.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui email yang telah didaftarkan. Masukkan kode verifikasi 6 digit untuk mengkonfirmasi pendaftaran akun, lalu klik ‘Kirim’.
  • Pilih opsi ‘Tes Psikologi SIM’ setelah berhasil melakukan verifikasi. Hal ini akan membawa pemohon ke halaman utama aplikasi ePPsi.
  • Lakukan pembelian voucher sebagai syarat untuk tes. Klik tombol hijau pada menu ‘Voucher Anda’ dan pastikan NIK dan nama yang terdaftar sudah benar. Lanjutkan dengan mengklik ‘Lanjutkan Pembayaran’ setelah muncul nominal pembayaran.
  • Lakukan pembayaran menggunakan Virtual Account BNI yang tersedia. Ikuti petunjuk yang ada untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah pembayaran berhasil, akan muncul pemberitahuan bahwa voucher telah dibayar.
  • Lakukan verifikasi identitas dengan mengambil foto selfi wajah yang jelas dan tidak terhalang oleh masker.
  • Mulai tes psikologi dengan menjawab dua jenis tes. 

Pertama, tes kepribadian dengan 100 pernyataan dan lima pilihan jawaban, Pilih jawaban yang sesuai dengan kepribadian. 

Kedua, tes kecermatan dengan sepuluh tabel yang terdiri dari 45 pertanyaan. Pada tes ini, cari jawaban angka yang tidak ada di kolom soal tetapi ada dalam tabel kunci. 

Setiap tabel harus diselesaikan dalam waktu 3 menit.

  • Setelah menyelesaikan seluruh tes psikologi, hasilnya akan langsung tersedia di aplikasi ePPsi dan juga dikirim melalui email. Jika memenuhi syarat, pemohon dapat kembali ke aplikasi Digital Korlantas POLRI untuk melanjutkan proses pembuatan SIM.

Biaya tes psikologi di ePPsi sebesar Rp37.500 termasuk pajak, mulai berlaku sejak 1 Januari 2022. 

Jika pemohon memutuskan untuk tidak melanjutkan tes sebelum menggunakan voucher, mereka dapat meminta pengembalian dana dengan membaca kebijakan pengembalian yang tersedia di halaman utama aplikasi.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...