Rabu, Juni 19, 2024

Cara Daftar Akun SSCASN 2023

calon peserta hanya diperbolehkan melamar satu jabatan pada satu jenis formasi di satu instansi dalam satu jenis seleksi

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi seleksi CPNS dan PPPK 2023
ilustrasi seleksi CPNS dan PPPK 2023

PONTIANAK- Berikut adalah Cara Daftar Akun SSCASN 2023

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan bahwa Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) 2023 akan resmi dibuka pada tanggal 17 September 2023. 

Ini merupakan akses terpenting bagi individu yang bercita-cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara nasional.

Dalam proses pendaftaran, calon peserta hanya diperbolehkan melamar satu jabatan pada satu jenis formasi di satu instansi dalam satu jenis seleksi. 

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan baik jabatan, instansi, dan formasi yang akan dipilih karena setelah dipilih, pilihan tersebut tidak dapat diubah kembali.

Sebelum mengikuti proses pendaftaran, pastikan semua dokumen syarat pendaftaran SSCASN 2023 telah terkumpul dengan baik. 

Dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ijazah, Transkrip Nilai, Pas Foto Formal, Swafoto atau Foto Selfie, serta dokumen lain yang sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam proses pendaftaran SSCASN 2023:

1. Buat Akun Peserta SSCASN

Pertama, akses portal SSCASN melalui sscasn.bkn.go.id atau daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.

Buat akun dengan mengisi identitas diri pada kolom yang disediakan, seperti NIK KTP, nomor KK, dan lainnya. Kemudian, pilih menu ‘Lanjutkan’.

2. Lengkapi Data Diri

Lengkapi data diri lainnya sesuai kolom yang tersedia, termasuk mengunggah foto KTP dan foto selfie. Selanjutnya, pilih menu ‘Lanjutkan’.

3. Cek Ulang

Periksa dengan teliti seluruh data yang telah dimasukkan, pastikan semuanya benar karena data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki. 

Jika ada yang perlu diperbaiki, pilih menu ‘Kembali’ sebelum memprosesnya. Setelah yakin, pilih menu ‘Proses Pendaftaran Akun’ dan kemudian ‘Iya’.

4. Cetak Kartu Peserta

Pilih menu ‘Cetak Informasi Pendaftaran’ untuk mencetak kartu peserta.

5. Log In

Setelah mencetak kartu peserta, pilih menu ‘Lanjutkan Login Pendaftaran’ dan masukkan NIK serta password yang telah dibuat sebelumnya. Lengkapi identitas diri yang diminta sesuai kolom yang tersedia, lalu pilih menu ‘Selanjutnya’.

6. Pilih Jenis Seleksi dan Formasi

Pilih jenis seleksi yang sesuai pada kolom yang tersedia, kemudian pilih menu ‘Selanjutnya’. 

Selanjutnya, pilih instansi dan jenis formasi yang sesuai pada kolom yang tersedia. Jika ingin mengubahnya, pilih menu ‘Ulang’. Kemudian, pilih menu ‘Selanjutnya’.

7. Unggah Dokumen

Unggah dokumen sesuai dengan kolom yang tersedia. Pastikan mematuhi ketentuan ukuran dokumen yang diminta dan periksa statusnya setelah diunggah. Kemudian, pilih menu ‘Selanjutnya’.

8. Periksa Resume Pendaftaran

Teliti resume pendaftaran Anda dan centang kolom yang tersedia jika semua data sudah sesuai. Lalu, pilih menu ‘Akhiri Proses Pendaftaran’ dan pilih ‘Iya’.

9. Cetak Kartu Pendaftaran CPNS

Terakhir, pilih menu ‘Cetak Kartu Informasi Akun’ dan ‘Kartu Pendaftaran CPNS’ untuk mencetak kartu peserta. Dengan itu, proses pendaftaran Anda telah selesai.

Penting untuk diingat bahwa pendaftaran SSCASN 2023 memiliki sembilan tahapan yang harus diikuti dengan cermat. Pastikan untuk mempersiapkan semua dokumen dan informasi yang diperlukan sebelum tanggal pembukaan pendaftaran pada 17 September 2023. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...