Jumat, Juni 14, 2024

Bupati Bengkayang: Capaian Target 80 Persen Vaksinasi Anak Tugas Bersama

BENGKAYANG – Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengatakan bahwa dalam mencapai cakupan vaksinasi COVID-19 sebesar 80 persen untuk anak usia 6 – 11 tahun sebagaimana ditargetkan Gubernur Kalimantan Barat merupakan tugas bersama.

“Target vaksinasi khususnya teruntuk anak usia 6-11 tahun bakal menjadi pekerjaan rumah dan tugas bersama seluruh pihak terkait di Kabupaten Bengkayang. Terlebih sebelumnya Gubernur Kalimantan Barat telah meminta agar akhir Februari 2022 mendatang telah tercapai target tersebut,” ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa dalam pencanangan vaksinasi terhadap anak rentang usia 6-11 tahun di wilayah Kabupaten Bengkayang dimulai dari SD Negeri 2 Kabupaten Bengkayang yang disasarkan pada 100 anak Kelas V SD.

“Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 telah dicanangkan dan sejauh ini berjalan sebagaimana harapan bersama,” jelas dia.

Ia memastikan ke depan semua pihak bakal dikerahkan guna terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi baik bagi anak – anak maupun orang dewasa di Kabupaten Bengkayang. Ia turut mengajak masyarakat yang sampai ini belum vaksin untuk segera mendatangi gerai vaksin yang tersedia. Hal itu, lanjutnya, selain dalam rangka percepatan vaksin juga sebagai langkah mempercepat pembentukan kekebalan kelompok di kalangan masyarakat umum.

“Tentunya di sini kita juga akan kerja ekstra keras. Mulai dari kepala daerah, Satgas COVID-19 tingkat kabupaten, kecamatan, termasuk Satgas tingkat Desa dan para pihak terkait kita minta untuk saling mengingatkan. Kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti vaksin demi mencapai target dan pembentukan kekebalan kelompok,” tutup Darwis.

Sementara itu, Ketua Komite SD Negeri 2 Bengkayang, Khomariah menilai pelaksanaan vaksinasi yang menyasar pada anak usia 6-11 tahun merupakan langkah yang sangat baik. Terutama dalam rangka mengantisipasi penularan COVID-19 bagi anak-anak.

“Ini juga dapat menjadi awal sekaligus modal yang baik bagi anak-anak untuk memulai sekolah tatap muka tanpa takut tertular COVID- 19,” ungkapnya.

Dia juga mengajak peran seluruh orangtua untuk terus mendampingi anak-anak agar tidak takut melakukan vaksinasi. Karena menurutnya, hal ini dilakukan semata-mata demi kebaikan bersama dalam menyongsong belajar tatap muka di masa pandemi seperti saat ini.

“Jadi kita juga berpesan kepada setiap orangtua untuk tidak khawatir dengan vaksin ini karena ini tentunya demi kebaikan bersama, khususnya warga lingkungan sekolah,” ujarnya.

Sementara untuk target, vaksinasi anak 6-11 di seluruh  Kabupaten Bengkayang, diperkirakan bakal menyasar pada 30.969 jiwa di beberapa SD di Bengkayang.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *