Senin, Juni 17, 2024

BKKBN Perwakilan Kalbar Luncurkan Aplikasi Siap Nikah dan Hamil

DINDANEWS, PONTIANAK – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Barat (Kalbar) meluncurkan aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil).

Menurut Kepala BKKBN Perwakilan Kalbar Muslimat, aplikasi Elsimil ini tentang identitas diri yang berguna untuk melihat kondisi Calon Pengantin (Catin).

Selain itu, dengan aplikasi Elsimil bisa juga melihat kondisi Berat Badan menurut Umur (BB/U), Tinggi Badan menurut Umur (TB/U) dan Hemoglobin (Hb).

“Sudah bisa di download oleh masyarakat, khususnya bagi calon pasangan pengantin,” kata Muslimat, kemarin.

Melalui aplikasi Elsimil ini, kata Muslimat, diharapkan dapat melihat kesiapan Catin dari segi kesehatan dalam membina rumah tangga nantinya.

“Aplikasi ini juga sebagai bentuk edukasi kesehatan reproduksi serta perbaikan gizi terhadap perempuan calon pengantin dan promosi perilaku hidup sehat,” jelas Muslimat.

Aplikasi Elsimil ini, kata Muslimat, merupakan inovasi BKKKBN untuk mencegah dan menurunkan angka stunting, mulai dari hulu samai hilir.

Di aplikasi Elsimil ini, Catin dibekali pemahaman tentang pencegahan stunting, terutama 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Masalah stunting bukan hanya karena gizi buruk, tetapi juga dipengaruhi banyak faktor, seperti sanitasi, air bersih, lingkungan bersih dan pola hidup,” pungkas Muslimat.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *