Jumat, Juni 14, 2024

Berapa Luas Bandara Supadio yang Kini Telah Berstatus Bandara Internasional?

Salah satu bandara terkemuka di Kalimantan Barat ini adalah Bandara Supadio Pontianak, yang ternyata memiliki sejarah perubahan nama

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Bandara International Supadio Kubu Raya (kolase dnews)
Bandara International Supadio Kubu Raya (kolase dnews)

PONTIANAK- Berapa Luas Bandara Supadio yang Kini Telah Berstatus Bandara Internasional?

Indonesia, dikenal memiliki sejumlah bandara yang menghubungkan wilayah ini dengan berbagai tujuan di dalam dan luar negeri. 

Salah satu bandara terkemuka di Kalimantan Barat ini adalah Bandara Supadio Pontianak, yang ternyata memiliki sejarah perubahan nama yang menarik.

Dilansir dari laman Angkasa Pura, Bandara Supadio Pontianak berawal dari lapangan terbang militer yang dibangun pada awal tahun 1940-an dengan nama Bandara Sungai Durian. 

Namun, pada tahun 1980-an, bandara ini mengalami perubahan nama menjadi Bandara Supadio, mengambil nama dari seorang pahlawan nasional Indonesia, Letnan Jenderal Supadio.

Lokasi strategis Bandara Supadio Pontianak yang terletak di Kubu Raya, Kalimantan Barat, menjadikannya akses yang nyaman untuk perjalanan ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. 

Seiring dengan perkembangan zaman, Bandara Supadio mengalami perubahan besar dan peningkatan fasilitas.

Pada tahun 2010, Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio dimulai dari area yang dulunya ditutupi oleh hutan belantara, membawa perkembangan yang signifikan bagi bandara ini. 

Pada tahun 2019, Bandara Supadio meraih sertifikasi internasional dari Badan Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), menandakan bahwa bandara ini memenuhi standar internasional dalam pengoperasian dan keselamatan.

Kemajuan yang mengesankan terus berlanjut, dan pada tahun 2021, Bandara Supadio  bahkan pernah meraih status terbaik di dunia. 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...