Kamis, Juni 13, 2024

Berapa Besaran Gaji PNS Lulusan SMA Mulai Tahun 2024?

pertanyaan yang muncul adalah, berapa sebenarnya gaji yang akan diterima oleh lulusan SMA yang berhasil menjadi PNS pada tahun mendatang

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Ilustrasi PNS Lulusan SMA (kolase dnews)
Ilustrasi PNS Lulusan SMA (kolase dnews)

PONTIANAK- Berapa Besaran Gaji PNS Lulusan SMA Mulai Tahun 2024?

Bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sejenisnya yang bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), sangatlah penting untuk mengetahui berapa gaji yang akan diterima. 

Hal ini tentu menjadi pertimbangan penting sebelum memutuskan untuk melamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Penting untuk dicatat bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini telah mengumumkan rencana kenaikan gaji PNS mulai tahun 2024. 

Rencana kenaikan ini akan menghasilkan peningkatan sebesar 8% dari besaran gaji PNS saat ini, sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019.

Mungkin pertanyaan yang muncul adalah, berapa sebenarnya gaji yang akan diterima oleh lulusan SMA yang berhasil menjadi PNS pada tahun mendatang? 

untuk mengetahui hal ini, kita perlu memahami bahwa besaran gaji pokok PNS ditentukan oleh golongan dan masa kerja yang dimiliki. 

Jika lulusan SMA, biasanya akan ditempatkan pada golongan II.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, yang merupakan perubahan ke-18 dari Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, gaji pokok untuk golongan II berkisar antara Rp 2.022.200 hingga Rp 3.820.000.

Namun, jika mempertimbangkan kenaikan gaji PNS sebesar 8% yang akan berlaku pada tahun depan, maka besaran gaji untuk golongan II dapat dihitung secara kasar mulai dari Rp 2.183.976 hingga mencapai Rp 4.125.600.

Untuk memudahkan pemahaman, berikut adalah perkiraan kisaran gaji PNS golongan II untuk tahun depan:

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...