Sabtu, Juni 22, 2024

Berapa Besaran Gaji dan Tunjangan Anggota Paspampres? Pengawal Elit Pemimpin Negara

Mengikuti jejak mereka bukanlah hal yang mudah, sebab prajurit yang ingin bergabung dengan Paspampres harus melewati seleksi ketat

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Ilustrasi Paspampres (kolase dnews)
Ilustrasi Paspampres (kolase dnews)

PONTIANAK- Berapa Besaran Gaji dan Tunjangan Anggota Paspampres? Pengawal Elit Pemimpin Negara

Anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) memegang peran penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan Presiden, Wakil Presiden, serta kepala negara asing yang mengunjungi Indonesia. 

Paspampres, sebagai kesatuan khusus, berada dalam tiga cabang TNI, yaitu TNI Angkatan Udara (AU), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Darat (AD).

Mengikuti jejak mereka bukanlah hal yang mudah, sebab prajurit yang ingin bergabung dengan Paspampres harus melewati seleksi ketat. 

Pasukan Pengaman Presiden bertugas untuk menjaga langsung keamanan pemimpin negara, tugas yang memerlukan keterampilan fisik, kemampuan bela diri, dan ketahanan jiwa yang luar biasa.

Proses seleksi yang ketat ini bertujuan untuk memastikan bahwa para anggota Paspampres memiliki kecakapan dan ketangguhan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas yang krusial ini. 

Mereka harus siap menghadapi berbagai situasi yang mungkin timbul dalam menjalankan tugas pengamanan langsung terhadap Presiden dan keluarga, atau Wakil Presiden dan keluarga.

Tugas negara yang mereka emban diimbangi dengan gaji dan tunjangan yang signifikan, yang memadai untuk memenuhi kebutuhan hidup pribadi dan keluarga.

Menurut ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan ke-12 atas PP Nomor 28 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota TNI, gaji anggota Paspampres disesuaikan dengan golongan atau pangkat yang mereka emban.

Berikut adalah besaran gaji pokok dan tunjangan yang diberikan kepada anggota Paspampres, tergantung pada golongan masing-masing:

Golongan I Tamtama

  • Kopral Kepala: Rp 1.917.100 hingga Rp 2.960.700.
  • Kopral Satu: Rp 1.858.900 hingga Rp 2.870.900.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...