Jumat, Juni 14, 2024

Bea Cukai Perketat Pengawasan Perbatasan untuk Cegah Peredaran Narkoba

Perangi Narkoba, K9 Siap Turun di Darat Maupun Laut

DINDANEWS, PONTIANAK – Perang terhadap peredaran narkoba di Kalimantan Barat (Kalbar) masih terus digencarkan.

Kepala Kanwil Bea Cukai Kalbar, Harry Budi Wicaksono menegaskan pihaknya akan semakin memperketat pengawasan di jalur perbatasan baik darat maupun laut.

Selain itu, Kanwil Bea Cukai Kalbar juga akan bersinergi dengan berbagai macam lini sektoral untuk menjaga wilayah Kalbar terbebas dari narkoba.

“Kami sudah siap. Kita akan petakan bersama dengan BNNP Kalbar dan Polda Kalbar,” ujar Harry Budi Wicaksono, Rabu (16/2/2022).

Tak hanya jalur perbatasan resmi yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) pengawasan ketat juga akan dilakukan di jalur tikus.

Harry menuturkan, pihaknya juga siap melakukan deteksi serta pengembangan laporan yang mereka terima. Bahkan telah memiliki tim K9 atau anjing pelacak.

“Intinya kami siap. Karena kita adalah benteng penjaga perbatasan,” tegas dia.

Sebelumnya, sebanyak 32,9 kg narkotika jenis sabu Kembali dimusnahkan oleh BNNP Kalimantan Barat pada Selasa 15 Februari 2022. Puluhan kilo barang haram yang diduga berasal dari negara tetangga itu berhasil dimusnahkan dan diperkirakan telah menyelamatkan lebih dari 17 ribu masyarakat Kalbar dari paparan narkoba.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *