Rabu, Juni 19, 2024

Apakah SKCK Dibutuhkan Untuk Pendaftaran CPNS?

pertanyaan yang seringkali ditanyakan adalah apakah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) perlu disiapkan untuk pendaftaran CPNS?

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
SKCK yang dikeluarkan kepolisian (foto-IST)
SKCK yang dikeluarkan kepolisian (foto-IST)

PONTIANAK- Apakah SKCK Dibutuhkan Untuk Pendaftaran CPNS?

Jelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023, banyak pertanyaan bermunculan, terutama bagi mereka yang mengikuti seleksi CPNS untuk pertama kalinya. 

Salah satu pertanyaan yang seringkali ditanyakan adalah apakah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) perlu disiapkan untuk pendaftaran CPNS?

SKCK, yang merupakan kependekan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian, adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk menunjukkan apakah seseorang memiliki catatan tertentu terkait aktivitas kriminal atau pelanggaran hukum.

Penting untuk diketahui bahwa pada dasarnya, SKCK tidak diwajibkan saat mendaftar untuk seleksi CPNS. 

Hal ini merujuk pada daftar persyaratan administrasi pendaftaran CPNS 2023 yang telah dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa beberapa instansi masih menjadikan SKCK sebagai salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi saat mendaftar CPNS 2023. 

Salah satunya adalah Kejaksaan Republik Indonesia, Meskipun SKCK tidak menjadi syarat utama pendaftaran CPNS, dokumen ini akan menjadi penting dalam proses pembuatan Nomor Induk Pegawai (NIP) apabila kamu lulus seleksi CPNS. 

SKCK juga memiliki masa berlaku selama 6 bulan sejak tanggal penerbitannya. Jika masa berlaku tersebut telah habis, SKCK dapat diperpanjang.

Dalam hal ini, pembuatan SKCK dapat dilakukan saat proses pembuatan NIP sedang berlangsung. 

Apakah SKCK diperlukan atau tidak akan ditentukan oleh instansi terkait, tergantung pada tujuan penggunaan SKCK tersebut, seperti proses pembuatan NIP CPNS.

Meskipun SKCK tidak diwajibkan saat mendaftar CPNS, disarankan untuk menyiapkan dokumen ini sejak dini agar tidak mengalami kendala di masa mendatang. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...