Rabu, Juni 19, 2024

Apakah Gerhana Matahari Cincin Tahun 2023 Dapat Terlihat Di Indonesia?

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika bulan baru berada di antara bumi dan matahari, menciptakan bayangan di permukaan bumi.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi gerhana matahari cincin (foto-unsplash)
ilustrasi gerhana matahari cincin (foto-unsplash)

PONTIANAK- Apakah Gerhana Matahari Cincin Tahun 2023 Dapat Terlihat Di Indonesia?

Puncak Gerhana Matahari Cincin Tahun 2023 Akan Terjadi pada 14 Oktober, dunia akan menjadi saksi puncak Gerhana Matahari Cincin yang berlangsung selama lima menit 17 detik. 

Namun, pertanyaan yang mungkin muncul adalah, apakah kita di Indonesia dapat melihatnya?

NASA telah mengumumkan informasi penting ini melalui akun Twitter resminya. Gerhana Matahari Cincin ini akan membentang dari Pantai Oregon hingga Teluk Meksiko. 

Meskipun Indonesia berada jauh di seberang bumi, kita tidak akan dapat menyaksikan fenomena ini dengan mata telanjang.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika bulan baru berada di antara bumi dan matahari, menciptakan bayangan di permukaan bumi. 

Saat bulan berada dalam wilayah langit yang relatif kecil, kita dapat menyaksikan Gerhana Matahari melingkar, di mana bulan terlihat sedikit lebih kecil dari matahari, sehingga hanya menutupi sebagian kecil dari matahari. Inilah yang menciptakan efek “cincin api,” atau ring of fire.

Namun, perlu dicatat bahwa Gerhana Matahari Cincin tidak akan menyebabkan kegelapan total di permukaan bumi, berbeda dengan Gerhana Matahari Total yang dapat memutuskan cahaya matahari sepenuhnya. 

Hal ini tergantung pada seberapa jauh bulan dari bumi, yang dipengaruhi oleh orbit bulan yang berbentuk elips.

Pada tanggal 14 Oktober 2023, jika berada di jalur Gerhana Matahari Cincin, maka akan dapat menyaksikan bulan baru menutupi sekitar 91 persen dari matahari, menciptakan fenomena cincin api yang spektakuler. 

Jalur Gerhana Matahari Cincin ini akan melintasi Amerika Utara, Amerika Tengah, dan sebagian besar Amerika Selatan. 

Namun, cincin api tersebut hanya akan terlihat di jalur selebar 118 hingga 137 mil (190 hingga 220 kilometer).

Jalur ini akan meliputi beberapa negara bagian di Amerika Serikat, yaitu Oregon Selatan, California Timur Laut, Nevada Utara, Utah Selatan, Colorado Barat Daya, Arizona Timur Laut, serta Meksiko Baru dan Texas.

Pemandangan terbaik Gerhana Matahari Cincin ini akan berlangsung selama lima menit 17 detik, memberikan pengalaman alam yang luar biasa bagi mereka yang berada di jalur yang beruntung.

Bagi mereka yang tidak berada di jalur ini, mungkin akan perlu menunggu hingga kesempatan selanjutnya untuk menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan ini. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...