Selasa, Juni 25, 2024

Apa Saja yang Dilarang Selama Kampanye? Sanksinya Denda Uang Hingga Pidana

ahapan Pemilu 2024 memasuki periode kampanye, dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, yang berlangsung selama 75 hari

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi kampanye pemilu (kolase dnews)
ilustrasi kampanye pemilu (kolase dnews)

PONTIANAK- Apa Saja yang Dilarang Selama Kampanye? Sanksinya Denda Uang Hingga Pidana

Tahapan Pemilu 2024 memasuki periode kampanye, dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, yang berlangsung selama 75 hari. 

Selama fase ini, para peserta pemilu dan pihak yang diamanahkan oleh mereka diberi kesempatan untuk meyakinkan pemilih mengenai visi, misi, dan program yang mereka usung.

Prinsip kampanye ini, sesuai dengan PKPU, mencakup kejujuran, keadilan, kepastian hukum, ketertiban, kepentingan umum, transparansi, proporsionalitas, profesionalisme, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi.

Menurut Pasal 1 angka 35 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kampanye pemilu didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh peserta pemilu atau individu yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan cara menyampaikan visi, misi, program, dan/atau citra diri peserta pemilu.

Namun, terdapat beberapa larangan yang harus diikuti oleh peserta pemilu selama periode kampanye. 

Salah satunya adalah larangan untuk menghina suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) peserta pemilu lainnya. 

Selain itu, tindakan seperti menghasut, menciptakan perpecahan, dan mengganggu ketertiban umum juga dilarang selama masa kampanye. 

Hal ini diatur dalam Pasal 280 ayat (1) Undang-Undang Pemilu, yang secara khusus mencantumkan 10 tindakan yang dilarang selama kampanye, yaitu:

  • Mempersoalkan dasar negara Pancasila, pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Melakukan kegiatan yang dapat membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...