Jumat, Februari 23, 2024

Apa Itu Baby Blues dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Biasanya, baby blues muncul dalam satu minggu pertama setelah persalinan dan bisa bertahan hingga dua minggu.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi wanita hamil (foto-istock)
ilustrasi wanita hamil (foto-istock)

PONTIANAK- Apa Itu Baby Blues dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Baby blues merupakan kondisi psikologis yang sering dialami oleh para ibu setelah melahirkan. 

Kondisi ini mengakibatkan perubahan suasana hati yang lebih sensitif dan emosional, seperti perasaan sedih, cemas, lelah, mudah marah, sering menangis, nafsu makan menurun, kesulitan tidur, dan masalah konsentrasi.

Biasanya, baby blues muncul dalam satu minggu pertama setelah persalinan dan bisa bertahan hingga dua minggu. 

Meskipun penyebab baby blues belum diketahui secara pasti, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kondisi ini, antara lain :

  • Perubahan hormon: Setelah melahirkan, hormon dalam tubuh ibu mengalami perubahan drastis, termasuk penurunan hormon estrogen dan progesteron. Perubahan hormon ini dapat mempengaruhi suasana hati dan emosi ibu.
  • Kurang tidur: Setelah melahirkan, ibu sering terjaga di malam hari untuk merawat bayi. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental, yang dapat memperburuk gejala baby blues.
  • Perubahan peran dan tanggung jawab: Menjadi seorang ibu baru membawa perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari. Tanggung jawab merawat bayi, perubahan dalam hubungan dengan pasangan, dan perubahan dalam rutinitas dapat menjadi faktor stres yang mempengaruhi suasana hati ibu.

Cara mengatasi Baby Blues dengan Langkah-Langkah Sederhana

Terkait dengan hal ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi baby blues:

  • Dukungan Sosial: Berbicara dengan orang-orang terdekat seperti pasangan, keluarga, atau sahabat bisa memberikan dukungan emosional dan praktis yang sangat berarti.
  • Istirahat Cukup: Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan tidur dengan baik. Meminta bantuan dari orang lain untuk merawat bayi dapat membantu Anda mendapatkan waktu istirahat yang diperlukan.
  • Atur Pola Makan: Pastikan asupan makanan Anda seimbang dan teratur. Hindari makanan dengan kandungan tinggi gula atau kafein, karena dapat memengaruhi suasana hati.
  • Jaga Kesehatan Fisik: Lakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan atau yoga. Aktivitas ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.
  • Minta Bantuan: Jika gejala baby blues terus berlanjut atau semakin memburuk, jangan ragu untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan seperti dokter atau psikolog. Mereka dapat memberikan dukungan dan saran yang sesuai.

Penting untuk diingat bahwa baby blues adalah hal yang umum dialami oleh para ibu pasca melahirkan dan bisa diatasi dengan dukungan serta perawatan yang tepat. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...