Selasa, Juni 25, 2024

Antisipasi Karhutla, Kapolda Kalbar Pimpin Rapat Koordinasi

PONTIANAK – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, menggelar rapat koordinasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjelang musim kemarau di provinsi itu.

Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Suryanbodo Asmoro di Pontianak, Kamis menjelaskan, rakor tersebut digelar dalam rangka pencegahan dan penanggulangan guna menekan seminimal mungkin karhutla tahun 2022 di Provinsi Kalbar.

“Pengendalian karhutla menjadi atensi dari Presiden RI Joko Widodo untuk dilakukan upaya yang paling baik, yakni upaya preemtif dan preventif,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan, Polri akan menggelar Operasi Bina Karuna tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar juga mengajak instansi terkait lainnya untuk berkolaborasi dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kalbar.

Ia berharap, ke depannya kasus-kasus karhutla bisa ditekan seminimal mungkin, sehingga tidak mendatangkan bencana asap lagi di Kalbar dan Indonesia umumnya.

“Kalau ada oknum yang masih membakar maka akan diproses atau dilanjutkan ke tingkat hukum,” katanya.

Dampak karhutla ini memang luar biasa di Indonesia khususnya Kalbar, maka dari itu perlunya kerja sama dari semua pihak dan untuk bahu membahu mengantisipasi karhutla ini.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *