Jumat, Februari 23, 2024

5 Dearah Terpanas di Kalimantan Barat, Nomor 1 Bukan Pontianak

Sinar Matahari (pexels.com)

PONTIANAK – 5 Dearah Terpanas di Kalimantan Barat, Nomor 1 Bukan Pontianak

Indonesia, sebagai negara tropis yang terletak di sekitar khatulistiwa, sering kali mengalami variasi suhu dan iklim yang ekstrem seperti El Nino.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengumumkan bahwa fenomena El Nino akan berlangsung di Indonesia dari Agustus hingga Oktober 2023, dan diperkirakan akan berlanjut hingga awal 2024.

El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah hingga timur.

Dampak dari El Nino ini antara lain meningkatkan suhu udara dan mengurangi curah hujan di wilayah sekitarnya, termasuk di Indonesia.

Kalimantan Barat, sebagai salah satu provinsi di Indonesia, tidak luput dari dampak El Nino, sehingga suhu udara di beberapa daerah menjadi cukup tinggi.

Berdasarkan pantauan BMKG pada Rabu, 16 Agustus 2023, Berikut adalah daerah terpanas di Kalimantan Barat:

1. Kabupaten Kapuas Hulu

Daerah ini memiliki suhu udara berkisar antara 23 hingga 34 derajat Celsius. Kelembaban udara di Kapuas Hulu juga cukup tinggi, berkisar antara 60 hingga 100 persen.

2. Kabupaten Kayong Utara

Suhu di Kayong Utara berada dalam rentang 24 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembaban udara di daerah ini berkisar antara 55 hingga 95 persen.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...