Selasa, Juni 25, 2024

5 Daerah Paling Kaya di Kalimantan Barat Berdasarkan Pendapatannya

PT WELL HARVEST WINNING ALUMINA REFINERY, Kabupaten Ketapang (whwalumina.com)

PONTIANAK – 5 Daerah Paling Kaya di Kalimantan Barat Berdasarkan Pendapatannya

Provinsi Kalimantan Barat adalah salah satu wilayah yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah.

Tak mengherankan jika kabupaten dan kota di provinsi ini menikmati Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan, terutama dari sektor alamnya.

Bahkan, pada tahun 2022, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalbar mencapai Rp 6,1 triliun, menjadikannya peringkat III dalam kategori Peningkatan Realisasi Pendapatan se-Provinsi di Indonesia pada APBD Award.

Mengenai hal ini, kami akan mengungkap kabupaten/kota mana saja yang berhasil meraih lima posisi teratas sebagai daerah terkaya di Kalbar berdasarkan realisasi pendapatan tahun 2022.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari data Badan Pusat Statistik (BPS), dindanews.com telah merangkumnya sebagai berikut:

1. Kabupaten Ketapang

Peringkat pertama di daftar daerah paling kaya di Kalimantan Barat ditempati oleh Kabupaten Ketapang, yang berhasil mencatatkan pendapatan tahun 2022 sebesar Rp 1.910.607.068.000.

Kabupaten Ketapang, yang juga merupakan kabupaten terluas di Kalbar, dikenal dengan kekayaan hasil alamnya, termasuk perkebunan dan pertambangan yang cukup signifikan.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Selanjutnya »
What to read next...