Selasa, Mei 21, 2024

5 Daerah Dengan Penduduk Miskin Terbanyak Di Provinsi Kalimantan Barat

Dari keempat belas daerah ini, terdapat lima daerah dengan jumlah penduduk miskin tertinggi menurut data Badan Pusat Statistik

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Ilustrasi kawasan miskin (kolase dnews)
Ilustrasi kawasan miskin (kolase dnews)

PONTIANAK- 5 Daerah Dengan Penduduk Miskin Terbanyak Di Provinsi Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat, sebuah provinsi yang terletak di bagian barat Pulau Kalimantan, menawarkan pesona alam yang luar biasa dan kekayaan budaya yang beragam. 

Karena kealamian alamnya dan kehidupan masyarakatnya yang autentik, daerah ini menggabungkan keindahan hutan hujan tropis, sungai yang mengalir dengan deras, dan warisan budaya lokal yang unik.

Luas wilayah Kalimantan Barat mencapai 147.307 km2, lebih dari satu kali lipat luas Pulau Jawa, dan merupakan provinsi terbesar ketiga setelah Provinsi Papua dan Kalimantan Tengah. 

Dalam provinsi ini, terdapat 14 kabupaten dan kota, dengan jumlah penduduk mencapai 5.541.376 jiwa.

Wilayah pesisir dan kepulauan di Kalimantan Barat mencakup Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Ketapang, dan Kabupaten Kayong Utara. 

Sedangkan wilayah pedalaman meliputi Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Landak.

Dari keempat belas daerah ini, terdapat lima daerah dengan jumlah penduduk miskin tertinggi menurut data Badan Pusat Statistik per Februari 2023.

5. Kota Pontianak

Kota Pontianak menempati posisi kelima. Luas wilayah kota ini sekitar 107,80 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 669.795 jiwa pada tahun 2022. 

Jumlah penduduk miskin di kota ini mencapai sekitar 29.610 jiwa pada tahun yang sama.

4. Kabupaten Sintang

Kabupaten Sintang berada pada posisi keempat. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 21.638,20 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 426.416 jiwa pada tahun 2022. 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »
What to read next...