Jumat, Juni 14, 2024

2 Jalan Terpendek di Kota Pontianak Ibu Kota Kalimantan Barat, Dapat Ditempuh Dengan Berjalan Kaki

Terdapat Dua Jalan Terpendek di Kota Pontianak yang menjadi bagian dari identitas unik Kota Pontianak yang patut untuk dijelajahi

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi jalan di Kota Pontianak (kolase dnews)
ilustrasi jalan di Kota Pontianak (kolase dnews)

PONTIANAK- 2 Jalan Terpendek di Kota Pontianak Ibu Kota Kalimantan Barat, Dapat Ditempuh Dengan Berjalan Kaki

Kalimantan Barat merupakan provinsi yang terletak di bagian barat Pulau Borneo, ternyata memiliki kisah menarik untuk turis lokal maupun internasional. 

Salah satu daya tariknya adalah Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia. Namun, tidak hanya itu, ada cerita lain yang mengundang perhatian. 

Ternyata, provinsi ini juga menyimpan jalan terpendek di Indonesia yaitu di Kota Pontianak.

Kota Pontianak sendiri memiliki luas wilayah 107,82 km² dan terbagi menjadi enam kecamatan: Pontianak Barat, Pontianak Timur, Pontianak Selatan, Pontianak Utara, dan Pontianak Kota, dan Pontianak Tenggara. 

Meskipun terkenal dengan titik 0 derajat Khatulistiwa, kota ini juga memiliki pesona lain yang mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. 

Terdapat Dua Jalan Terpendek di Kota Pontianak yaitu Jalan Husin dan Jalan Bangka, yang menjadi bagian dari identitas unik Kota Pontianak yang patut untuk dijelajahi lebih lanjut.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut Jalan Terpendek yang ada di Kota Pontianak :

  • Jalan Husin

Jalan tersebut dikenal dengan sebutan Jalan Husin, dan keberadaannya mungkin tidak sering disebut oleh warga setempat karena ukurannya yang sangat pendek.

Tidak seperti jalan-jalan lain di Pontianak, Jalan Husin memiliki bentuk yang tidak lurus, menambahkan nuansa unik pada kota ini. 

Meskipun namanya mungkin tidak sering terdengar, jalan ini memiliki peran penting dalam menciptakan fakta menarik bagi kota Pontianak. 

Dengan ukuran yang kurang dari 50 meter, Jalan Husin bisa dengan bangga memegang gelar salah satu jalan terpendek.

  • Jalan Bangka

Selain Jalan Husin, ada lagi yang menjadi perbincangan, yaitu Jalan Bangka. jalan ini terletak di antara Jalan Karimata dan Jalan Karimun di Kelurahan Sungai Bangkong, Kota Pontianak. 

Sama seperti Jalan Husin yang hanya membentang sekitar 50 meter dan hanya memiliki dua rumah di sepanjangnya, Jalan Bangka ini juga menjadi bagian dari catatan sejarah unik dalam kota Pontianak. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...