Senin, Juni 17, 2024

10 Ponsel yang Miliki Tingkat Radiasi Tertinggi

Radiasi ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk jenis dan model ponsel, usia perangkat, dan bahkan jarak dari menara seluler terdekat

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
ilustrasi radiase ponsel (foto-unsplash)
ilustrasi radiase ponsel (foto-unsplash)

PONTIANAK- 10 Ponsel yang Miliki Tingkat Radiasi Tertinggi

Ponsel pintar, yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, rupanya memancarkan tingkat radiasi yang bervariasi. 

Radiasi ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk jenis dan model ponsel, usia perangkat, dan bahkan jarak dari menara seluler terdekat.

Menurut laporan yang dipublikasikan oleh Bankless Times, ada sejumlah ponsel yang memiliki tingkat radiasi paling tinggi. 

Laporan tersebut didasarkan pada tingkat absorpsi spesifik (Specific Absorption Rate/SAR), yang mengukur seberapa cepat tubuh kita menyerap energi frekuensi radio. 

Di Amerika Serikat, Komisi Komunikasi Federal telah menetapkan batas maksimum tingkat SAR sebesar 1,6 watt per kilogram.

Jadi, ponsel mana saja yang masuk dalam daftar ponsel dengan radiasi tertinggi? 

Ternyata, beberapa model lama dari merk seperti Google, Sony, Motorola, OnePlus, OPPO, dan ZTE adalah yang paling mencolok dalam hal tingkat radiasi.

Puncak daftar ini ditempati oleh Motorola Edge, yang merupakan ponsel dengan radiasi tertinggi.

Disusul oleh Axon 11 5G dari ZTE dan OnePlus 6T. Tidak ketinggalan, beberapa ponsel dari keluaran Google Pixel, OnePlus, dan Sony Xperia juga mendominasi daftar tersebut. 

Beberapa di antaranya termasuk Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 4a, Xperia XA2 Plus, Xperia XZ1 Compact, dan OnePlus 6/6T.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ponsel-ponsel ini adalah jenis ponsel Android yang telah dirilis dua hingga lima tahun yang lalu, sehingga kemungkinan hanya sedikit orang yang masih menggunakannya saat ini.

Pada peringkat paling tinggi, Motorola Edge memiliki tingkat emisi radiasi terburuk dengan ukuran SAR mencapai 1,79 watt per kilogram.

Berikut adalah daftar lengkap ponsel dengan tingkat radiasi paling tinggi:

  • Motorola Edge (1,79 w/kg)
  • ZTE Axon 11 5G (1,59 w/kg)
  • OnePlus 6T (1,55 w/kg)
  • Sony Xperia XA2 Plus (1,41 w/kg)
  • Google Pixel 3XL (1,39 w/kg)
  • Google Pixel 4a (1,37 w/kg)
  • Oppo Reno5 5G (1,37 w/kg)
  • Sony Xperia XZ1 Compact (1,36 w/kg)
  • Google Pixel 3 (1,33 w/kg)
  • OnePlus 6 (1,33 w/kg)

Penting untuk selalu memahami tingkat radiasi ponsel yang kita gunakan, terutama jika kita menghabiskan banyak waktu dengan perangkat tersebut. (Ain)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Berita Ini
What to read next...